Sebagai lembaga pendidikan yang berbasis boarding school SMAS Plus Nurul Ulum sudah memberikan kualitas proses belajar dan pendidikan berkarakter melalui pembinaan-pembinaan yang relevan untuk pembentukan budi pekerti. Eksistensi ini sudah dilakukan sejak awal berdiri di awal 2004 silam dengan memberikan pelayanan pendidikan yang relevan sesuai dengan kemajuan zaman. Berkat eksistensi ini pihak pengelola dan seluruh civitas akademik yang berkonstribusi dalam pengembangan ini terus melakukan pemerataan ke segala lini demi berkembangnya kualitas pendidikan yang baik di SMAS Plus Nurul Ulum. 

Berkat dari eksistensi ini juga SMAS Plus Nurul Ulum meraih penghargaan “The Best Favorite Islamic School Education Quality Excellent Of The Year 2021” dari Indonesia Achievement Center (IAC) yang bekerjasama dengan Tre Uno Event Management. Penghargaan ini diperoleh oleh SMAS Plus Nurul Ulum dengan mengacu pada beberapa kriteria yaitu quality, performance, responsibility, transparancy and Attractiveness dengan pengukuran, mempunyai layanan pendidikan inovatif dan berkualitas, pengelolaan manajemen yang baik, mampu berkembangkan mengikuti perubahan dan mempunyai tanggung jawab sosial yang tinggi. Acara malam penganugerahan Indonesia Best Choice Awards 2021 diselenggarakan di Mercure Grand Mirama Hotel Surabaya. 

Menanggapi pengharagaan tersebut pihak Yayasan Dayah Nurul Hilal sebagai badan hukum pengembang SMAS Plus Nurul Ulum dengan Bangga mengungkapkan bahwa pendidikan berkualitas itu sangat penting. Penghargaan ini semakin menegaskan komitmen untuk menciptakan karya dan prestasi yang lebih tinggi bagi generasi kedepan agar menjadi model teladan bagi siswa untuk menghadapi tantangan zaman ke depan. Tegas Tgk. Drs. Badlisyah AH selaku Ketua Yayasan Dayah Nurul Hilal. 

Era revolusi industry 4.0 sudah kita rasakan bersama sesuai dengan dinamika yang berlaku sekarang dengan ini SMAS Plus Nurul Ulum terus berkomitmen untuk bisa mengimbangi diri. Kami akan terus berusaha memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik agar SMAS Plus Nurul Ulum terus menjadi pilihan terbaik masyarakat dan terus bisa menjadi pelayan pendidikan bagi masyarakat imbuh Bapak Moammar Montazeri, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMAS Plus Nurul Ulum. red