Peureulak, Hari Santri Nasional Tahun 2019 kali ini di peringati dengan khitmat oleh Santri Pondok Pesantren Terpadu Nurul Ulum,  sebagai Rasa Syukur dan Semangat jiwa raga dalam membentuk peran Santri menghadapi Kancah era reformasi baik dalam merapatkan peran sebagai garda depan perang melawan penjajah dan juga garda depan dalam mempertahankan NKRI.
Dengan demikian,  Alhasil tepat 22 Oktober setiap tahunnya,  pemerintah telah menetapkan bahwa hari santri jatuh di tanggal tersebut,  mengenang perjuangan santri pada tanggal tersebut sangat berpengaruh dalam mempertahankan NKRI.
Dipesantren Terpadu Nurul Ulum,  Peringatan ini dilaksanakan setiap tahunnya secara kontiniunitas.  Kami sangat mengapresiasi hari santri ini,  kami akan terus melaksanakan aktivitas ini pertahun,  sebagai bentuk rasa syukur dan kebanggaan akan santri "tutur Bapak Marzuki selaku ketua pelaksana Hari Santri Nasional 2019 di Pondok pesantren terpadu Nurul Ulum Aceh Timur.
Di dalam amanat,  Pimpinan Pesantren Terpadu Nurul Ulum Bapak Drs.  BADLISYAH. AH juga memberikan kontribusi penting kepada Santri Agar Bisa Menjadi Pemeran Penting bagi segala Aktivitas kehidupan,  kita harusnya bangga menjadi santri karena sejarah mencatat bahwa para kaum santri dan ulama telah memberikan kontribusi besar dalam mendirikan republik ini. Kesadaran harmoni beragama dan berbangsa. Perlawanan kultural di masa penjajahan, perebutan kemerdekaan, pembentukan dasar Negara dan tercetusnya Resolusi Jihad 1945, tidak lepas dari peran kalangan pesantren. Sampai hari ini pun komitmen santri sebagai generasi pecinta tanah air tidak kunjung pudar. Sebab, mereka masih berpegang teguh pada kaidah hubbul wathan minal iman (cinta tanah air sebagian dari iman)"tutur beliau ketika Memberikan Amanat.  Red